Kuliah Perdana PPGT dan PPG SMK Produktif FKIP UNS

  • Posted by
Mhsw Baru PPGT PTM


Mhsw Baru PPGT PTM

Mhsw Baru PPGT PTM

Dalam rangka pemenuhan guru SD dan SMK di sekolah-sekolah, Dirjen Dikti menyelenggarakan program berbeasiswa Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi. FKIP UNS sebagai FKIP terbesar di Indonesia mendapat kepercayaan sebagai salah satu LPTK penyelenggara program PPGT untuk prodi PGSD dan PTM.

Dalam waktu yang bersamaan, FKIP UNS juga diberikan amanah untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru SMK Produktif yang merupakan bagian dari Program Dikti untuk mencetak guru-guru SMK Produktif khususnya bidang langka dan bidang khusus yang masih kekurangan guru. Bidang langka adalah bidang keahlian yang ada SMK-nya, namun belum ada LPTK penghasil gurunya. Untuk FKIP UNS, mendapatkan tanggung jawab sejumlah 8 mhsw Tek Mesin, 6 mhsw Tek bangunan, dan 11 mhsw Tek Informatika yang dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan.

Kuliah perdana program PPG SMK Produktif dan PPG-T PGSD & PTM dilaksanakan pada Selasa, 10 September 2013 di Aula Gedung F FKIP UNS secara bersamaan. Dalam kesempatan kali ini, Dekan FKIP UNS Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd berkesempatan membuka acara sekaligus memberikan arahan kepada para peserta. Selain Dekan FKIP UNS, Prof. Dr. rer. nat. Sajidan, M.Si juga memberikan pengarahan kepada peserta agar dalam pelaksanaan program nantinya berjalan sesuai dengan harapan.

Seperti diketahui, PPGT merupakan program S1 plus PPG untuk calon guru di daerah 3T yang akan belajar pendidikan sarjana selama 4 tahun dan PPG PGSD selama setengah tahun atau PPG PTM selama satu tahun di universitas-universitas yang ditunjuk oleh dikti. Sedangkan PPG SMK Produktif yang pesertanya berasal dari mahasiswa sarjana merupakan pendidikan profesi berbeasiswa selama satu tahun.

Link terkait:

  1. Berita PPGT di FKIP UNS
  2. http://seleksi.dikti.go.id/ppgt

Leave us a Comment