Bakti Sosial Masyarakat Pada OSMARU 2010

  • Posted by

Orientasi Mahasiswa Baru ( OSMARU ) Tahun 2010 Universitas Sebelas Maret yang dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2010 itu dilaksanakan di Auditorium Universitas Sebelas Maret pada hari pertama dan kedua serta di Jurusan masing-masing pada hari ketiganya. Sebelumnya, Mahasiswa baru disambut oleh Rektor pada upacara penerimaan mahasiswa baru yang biasa digelar di halaman Rektorat/ Kantor Pusat Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Semangat proklamasi 17 Agustus 1945 sangat terasa hangat pada ruangan Auditorium UNS yang dipenuhi dengan ribuan mahasiswa baru UNS khususnya FKIP yang merupakan Fakultas terbesar di UNS. Hal ini terjadi karena event penerimaan mahasiswa baru ini diselenggarakan tidak jauh dari momen kemerdekaan RI, 17 Agustus. Peserta orientasi mahasiswa baru, mengenakan aksesoris khas kemerdekaan seperti bendera merah putih.

Namun yang paling berkesan adalah ketika setiap peserta OSMARU yang merupakan mahasiswa baru UNS saling berbagi dengan masyarakat, yaitu pada Bakti Sosial Masyarakat OSMARU UNS. Semua mahasiswa baru membawa bahan pokok yang selanjutnya dikumpulkan oleh panitia dan akan disampaikan kepada masyarakat yang tergolong tidak mampu.

Bakti sosial pada Acara OSMARU UNS ini diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKIP UNS dan seluruh jajaran panitia OSMARU yang terdiri dari unsur HMP, HMJ, UKM, Dema, dan perwakilan Fakultas sebagai penanggung jawab. Kegiatan Bakti Sosial ini mendapat respon yang sangat baik terutama dari Pembantu Dekan III FKIP UNS, Drs. Amir Fuady, M.Hum. Beliau merasa bangga mahasiswa baru sudah dilibatkan pada kegiatan yang bersifat eksternal itu. Beliau juga memberikan pesan bahwa Kegiatan sosial semacam ini harus tetap ada karena dirasakan dapat mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat.

Selanjutnya, Bahan pokok yang telah terkumpul disalurkan pada acara Buka Bersama dengan 1000 anak Yatim di Aula Gedung F FKIP UNS. Berkenan memberikan sambutan pada saat itu Dekan FKIP UNS, Prof. Dr. H. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd. Beliau juga memberikan secara simbolik Bakti Sosial kepada perwakilan penduduk dan perwakilan anak Yatim. Hadir juga Pembantu Dekan II dan Pembantu Dekan III FKIP UNS serta ratusan mahasiswa FKIP UNS dan mahasiswa umum.

Leave us a Comment